DANREM 172/PRAJA WIRAYAKTI : INFORMASI ITU IBARATNYA “BAN SEPEDA”

Demikian yang disampaikan oleh Komandan Korem 172/Praja Wirayakti Kolonel Inf Daniel Ambat dalam mengawali Jam Komandan yang dilaksanakan di gedung Praja Wirayakti, Senin (22/3). “Saya sampaikan kepada seluruh anggota bahwa informasi itu tidak hanya diketahui oleh para Perwira atau unsur atasan saja, tetapi harus sampai juga kepada unsur paling bawah, ibaratnya “Ban Sepeda” maka semua bagian harus terisi sehingga jalannya sepeda bisa lancar, selain itu bahwa melalui Jam Komandan seperti yang kita laksanakan ini selain menyampaikan informasi juga untuk mengingatkan tentang tugas-tugas kita sebagai satuan kewilayahan,”katanya.

Berkaitan dengan minggu militer, Danrem menegaskan untuk dilaksanakan secara maksimal, tidak hanya sekedar untuk menghabiskan waktu saja sehingga dapat diambil manfaatnya. Laksanakan ketentuan P5 (PBB, PDG, PUDD, PPM dan PDP) sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, karena kata Danrem bahwa melalui minggu militer ini kita diingatkan kepada hal-hal dasar dalam kehidupan kemiliteran.

Lebih lanjut Danrem menyampaikan tentang pembinaan ke dalam satuan antara lain tentang pelanggaran anggota, pengamanan material, kecelakaan lalin, bahaya kebakaran, pembinaan fisik dan sikap Netralitas TNI dalam menghadapi Pilkada yang akan digelar tahun ini di wilayah Papua maupun Papua Barat. Mengenai pelanggaran, Danrem menegaskan agar anggota tidak melakukan pelanggaran sekecil apapun karena sekecil apapun pelanggaran yang dilakukan akan ada sanksi atau hukuman. Untuk pengamanan material yang dipertanggungjawabkan baik perorangan, kelompok ataupun satuan Danrem memberikan penekanan lebih untuk dilaksanakan sesuai ketentuan, utamanya berkaitan dengan senjata dan munisi, tingkatkan kewaspadaan dan jangan sampai lengah. Berhubungan dengan maraknya kebakaran yang terjadi akhir-akhir ini, Danrem mengingatkan untuk pemakaian listrik harus dicek dan disesuaikan dengan beban yang ada, jangan ada yang melebihi kapasitas karena sangat berpotensi terjadinya kebakaran.

Sehubungan dengan menghadapi Pemilukada di Propinsi Papua dan Papua Barat tahun 2010, Danrem mengingatkan anggota tentang Netralitas TNI, ”Saya ingatkan kepada kalian bahwa mulai sekarang eskalasi politik diwilayah kita semakin meningkat, karena tahun ini akan ada Pemilu Kepala Daerah, untuk itu jaga  Netralitas kita, jangan terlibat dalam politik Praktis dan upaya mendukung salah satu kandidat, kembangkan informasi yang terjadi dilapangan sehingga kita bisa mengantisipasi dan mengambil langkah-langkah preventif.

Dikesempatan yang sama, Danrem menginformasikan bahwa sesuai dengan hasil Rapim dan Apel Dansat Kodam XVII/Cenderawasih, untuk anggota yang akan sekolah atau di-UKP-kan harus lulus kesemaptaan minimal nilai 61, apabila dia tidak memenuhi persyaratan ini jangan sampai mengharap akan diajukan sekolah atau di naikkan pangkatnya, untuk itu Danrem menghimbau agar prajurit Korem membina, memelihara dan menjaganya masing-masing.

Diakhir arahanya, Danrem mengajak seluruh anggota untuk bersikap dan bertingkahlaku yang baik dengan masyarakat sekitar, jangan bersikap arogan, mentang-mentang dan sombong, karena kita merupakan bagian dari masyarakat secara keseluruhan. Bina hubungan dan komunikasi yang baik masyarakat, karena inti dari satuan kewilayahan adalah bagaimana memperdayakan potensi wilayah yang ini untuk mendukung kita dalam mempertahankan tetap tegaknya NKRI, untuk itu lakukan “Apa yang seharusnya” sesuai dengan aturan yang berlaku. Saling mengingatkan, menegug dan membetulkan apabila dianggap tidak benar.

Iklan
By korem172 Posted in Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s