DANREM 172/PRAJA WIRAYAKTI IRUP UPACARA BENDERA 17-AN BULAN JUNI 2010

Komandan Korem 172/Praja Wirayakti Kolonel Inf Daniel Ambat menjadi Irup pada Upacara Bendera 17-an bulan Juni 2010 yang diselenggarakan di Lap. Upacara Mako Korem 172/Praja Wirayakti, Kamis (17/6).

Dalam amanat Pandam XVII/Cenderawasih yang dibacakan oleh Danrem mengatakan bahwa upacara bendera 17-an merupakan wujud dan komitmen terhadap kejayaan Sang Merah Putih sebagai lambang Kedaulatan Negara dan bukti tetap Kokohnya NKRI,”Upacara bendera 17-an merupakan wujud dan komitmen terhadap kejayaan Sang Merah Putih sebagai lambang Kedaulatan Negara dan bukti tetap Kokohnya NKRI, selain itu juga merupakan upaya pembinaan satuan dalam rangka penanaman dan pelestarian nilai-nilai Kebangsaan dan Patriotisme yang menjadi landasan moral semangat pengabdian kita kepada negara dan bangsa,”Kata Pangdam dalam mengawali amanatnya.

Selanjutnya Pangdam menekankan bahwa pada saat ini kita telah berada pada bulan terakhir Triwulan II Program Kerja dan Anggaran tahun 2010, yang termasuk pada tahun pertama pelaksanaan Renstran TNI AD Tahun 2010-2014 dengan fokus pada Modernisasi atau pembangunan kekuatan TNI AD. Pada bulan Mei kita telah melaksanakan Rapat Evaluasi pimpinan Kodam XVII Cenderawasi sebagai bagian dari pelaksanaan fungsi kontrol dari sistem manejemen pembinaan TNI AD yang mengacu kepada sasaran pembinaan ”Catur Tunggal Pembinaan TNI Angkatan Darat” meliputi : Peningkatan Kesiapan Operasi Satuan. Peningkatan Kualitas SDM, peningkatan kesejahteraan prajurit, PNS dan keluarga serta peningkatan tertib administrasi. Untuk itu Pangdam meminta para Dansat agar meningkatkan sisitem manajemen pengawasan dan pengendalian melalui upaya meningkatkan fungsi pengawasan melekat sehingga dapat mencegah terjadinya penyimpangan secara dini.

Kepada Satkowil, Pangdam menekankan agar Satkowil lebih aktif dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan, ” Untuk Satkowil agar lebih perperan aktif dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan ddngan membantu penyelenggara fungsi pemerintahan di daerah guna mengatasi berbagai permasalahan yang timbul serta dapat memelihara stabilitas keamanan wilayah bersama segenap aparat terkait., untuk itu pelaksanaan program TMMD ke 48 yang sedang berlangsung saat ini agar dilaksanakan semaksimal mungkin. Selain itu dalam rangka mendukung sistem keamanan diwilayah Satkowil juga harus mampu menjaga kewaspadaan masyarakat berupa Early Warning Sistem terhadap berbagai bentuk ancaman yang menggangu stabilitas keamanan melalui budaya wajib lapor dan siskamling dalam rangka meningkatkan Deteksi dini dan Cegah dini terhadap sistem ancaman yang akan menggangu ketentraman masyarakat bekerjasama dengan aparat terkait,”Katanya.

Menyikapi perkembangan situasi sosial dan politik di wilayah Papua sekarang ini, Pangdam mengingatkan kepada Prajurit untuk tetap waspada, ”Perkembangan situasi sosial dan politik di wilayah Papua sekarang ini saya nilai cukup kondusif, tetapi kita tetap waspada terhadap berbagai issu yang dapat memicu konflik dan gangguan stabilitas keamanan dibeberapa wilayah tertentu antara lain tentang Polemik terkait Keputusan MRP No 14/MRP/2009 tentang penetapan orang asli Papua sebagai persyaratan khusus Bakal calon Bupati/Walikota dan wakil, issu politik tentang rencana peringatan hari kedaulatan bangsa Papua Barat tanggal 1Juli, serta penyelenggara pemilu Kepala daerah disejumlah 27 Kabupaten dan 1 Kota Madya sepanjang tahun 2010,”Tegasnya.


Berkaitan dengan Penyelenggaraan Pemilukada, Pangdam menegaskan agar seluruh personel Kodam XVII/Cenderawasih untuk tetap menjaga netralitas yang telah menjadi komitmen TNI dalam kehidupan Demokrasi di Negara kita, selain itu para Dansat Kowil dan satuan terkait agar meningkatkan koordinasi dan langkah antisipasi terhadap berbagai gangguan keamanan yang mungkin tumbuh bersama segenap aparat terkait di daerah.

Iklan
By korem172 Posted in Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s