KOMANDAN KOREM 172/PRAJA WIRAYAKTI TATAP MUKA DAN DENGAN INSAN PERS SE-WILAYAH JAYAPURA

Dalam meningkatkan jalinan komunikasi Korem 172/Praja Wirayakti dengan insan Pers yang ada di wilayah Jayapura, kemarin siang dilaksanakan acara silaturahmi dan tatap muka Danrem dengan insan Pers se-wilayah Jayapura, Kamis (29/7). Hadir dalam acara tersebut Ketua PWI Papua Frans, Sekretariat PWI Papua Leo Dapot Siahaan, Siwo PWI Herry Usak, Para Wartawan cetak dan elektronik sebanyak 30 orang dan seluruh Perwira Korem 172/Praja Wirayakti.

Dalam sambutannya, Komandan Korem 172/Praja Wirayakti Kolonel Inf Daniel Ambat mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wahana yang baik untuk melakukan komunikasi timbal-balik antara Korem dengan insan Pers,”Saya sampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wahana yang baik untuk melakukan komunikasi timbal-balik antara Korem 172/Praja Wirayakti dengan insan Pers yang bertugas diwilayah Jayapura ini, hal ini untuk mendapatkan pengertian dan pemahaman yang sama tentang kondisi dan perkembangn yang aktual di sekitar kita khususnya di wilayah Korem 172/Praja wirayakti. Tujuannya adalah agar seluruh insan pers semakin memahami peran, fungsi dan tugas pokok kita dan sebaliknya Korem bisa memahami tugas saudara sebagai jurnalistik yang meliput kegiatan yang ada diwilayah Korem,”Tegas Danrem memulai sambutannya.

Seiring dengan perkembangan kebebasan pers, Danrem mengharapkan agar koridor kebebasan pers yang dibuka lebar-lebar dapat diartikan secara tepat, sehingga benar-benar memberikan legitimasi terhadap informasi yang disampaikan kepada masyarakat, walaupun Perusahaan Pers berbasis pada profit oriented namun apabila sudah menyangkut masalah integritas nasional, maka Pers harus berkomitmen yaitu mengutamakan kedaulatan bangsa dan negara, dan hal tersebut merupakan paradigma Pers Nasional.

Danrem mengatakan bahwa dalam sistem pertahanan negara, TNI berperan sebagai komponen utama dan masyarakat sebagai komponen pendukung dan komponen cadangan termasuk di dalamnya adalah insan pers. UUD menyebutkan bahwa pertahanan negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara, maka TNI, Wartawan atau Insan Pers adalah warga negara yang mempunyai hak dan kewajiban dalam upaya bela negara dan peran ini harus benar-benar terpadu, guna memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat. Profesi sebagai TNI dan Pers berbeda, namun masing-masing memiliki kekuatan yang apabila dipadukan akan merupakan alat pertahanan yang tangguh guna mewujudkan kesejahteraan dan ketahanan bangsa dalam mencapai tujuan nasional.

Berkaitan dengan akan dilaksanakannya Pemilukada, Danren menegaskan bahwa TNI bersikap Netral,”Dengan akan dilaksanakan Pemikukada dibeberapa kabupaten dan kota jayapura, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian kita bersama yaitu sesuai dengan kebijakan pimpinan tni. Saya ingin menyampaikan penegasan ulang, bahwa sikap tni termasuk prajurit satuan jajaran korem 172/praja wirayakti bersikap ”netral”.

Hal ini mengandung pengertian, bahwa tni tidak boleh terlibat dan melibatkan diri dalam segala kegiatan yang berhubungan dengan pemilukada maupun proses politik praktis lainnya. Namun demikian, meskipun anggota tni tidak menggunakan hak pilihnya, bukan berarti prajurit tni bersikap skeptis dan apriori dalam pelak-sanaan pemilu. Setiap prajurit tni tetap harus dapat memberikan yang terbaik guna suksesnya pelaksanaan pemilukada dengan bersikap tidak berpihak kepada salah satu pasangan atau kandidat tertentu.

Kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah dan tanya jawab Danrem dengan insan pers. Dalam kesempatan itu salah satu wartawan mengharapkan agar pertemuan ini terus dilakukan paling tidak tiga bulan sekali, hal ini sangat penting agar hubungan yang telah terjalin baik selama ini terus dipertahankan, apalagi diadakan kegiatan seperti out bond atau olah raga bersama, katanya. Berkaitan dengan keinginan para wartawan ini, Danrem menyambut baik dengan akan menjadwalkan kegiatan ini pada bulan berikutnya dan pada suatu kesempatan, para wartawan dan insan Pers akan diajak untuk melaksanakan kegiatan olah raga bersama.

Iklan
By korem172 Posted in Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s