KOREM 172/PRAJA WIRAYAKTI : SATGAS YONIF 141/AYJP BANTU MENGAJAR DI DAERAH PEDALAMAN

Seperti yang telah dilakukan oleh Satgas-Satgas sebelumnya dalam hal perhatiannya kepada sekolah-sekolah terpencil yang masih terkendala kekurangan guru pengajar, Satgas Yonif 141/AYJP yang berada di wilayah Keerom dan Senggi juga melaksanakan bantuan mengajar di sekolah-sekolah terpencil baik SD dan SMP yang berada dekat dengan Pos-pos Satgas Pengamanan.

Menurut Danyon Satgas 141/AYJP Letkol Inf M. Arif Suryadaru bahwa permasalahan pendidikan merupakan tanggung jawab kita bersama,”Saya sampaikan bahwa permasalahan pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga merupakan tanggung jawab kita bersama termasuk juga anggota TNI seperti kita, Saya masih melihat ada beberapa sekolah yang sangat minim tenaga gurunya untuk itu saya perintahkan Danton yang berada di Pos dan berdekatan dengan sekolahan untuk membantu mengajar sehingga proses-belajar mengajar dapat berjalan dengan baik,”Katanya.

Selain mendapat sambutan positif dari Kepala Sekolah, Respon dari Dinas Pendidikan Kabupaten Keerom dan Pegunungan Tengan sangat baik dan mereka meminta agar kegiatan dalam hal bantuan mengajar dapat diteruskan sampai purna tugas di Papua. Mereka menyadari bahwa permasalah tenaga pengajar atau guru khususnya di daerah terpencil memang menjadi kendala yang sudah sangat krusial, hal ini dikarenakan banyak tenaga guru yang bertugas disini dengan berbagai alasan mengundurkan diri sehingga banyak murid yang menjadi korbannya, misalnya alasan tempatnya jauh, transportasi susah maupun alasan lainnya.

Untuk sementara, anggota Satgas 141/AYJP yang mengajar antara lain Pos Kotis Senggi Kota, Pos 3/Ma Bompay, Pos 2/C Kiwirok, Pos 1/A Somografi dan Pos 4/C yang berada di Okbibab, dan Pos yang lainnya secara bertahap akan melakukan hal yang sama. Pelajaran yang diberikan antara lain cara membaca, berhitung, pengetahuan bela negara, bahasa inggris dasar serta mata pelajaran wajib untuk tiap tingkatan kelas masing-masing.

Dengan adanya kegiatan ini, tanggapan masyarakat, guru, murid dan tokoh masyarakat sangat positif  dan mereka juga mempunyai  harapan yang sama yaitu kegiatan mengajar ini bisa berlangsung sampai akhir penugasan sehingga dapat membantu kemajuan khususnya pendidikan pada anak-anak yang berada di pedalaman atau daerah terpencil papua karena mereka juga ingin maju seperti anak-anak yang berada di daerah lain.

Iklan
By korem172 Posted in Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s