KOMANDAN KOREM 172/PRAJA WIRAYAKTI BERANGKATKAN TONTING YUDHA JAYA WASTU PRAMUKA JAYA KE-65 TAHUN 2010

Komandan Korem 172/Praja Wirayakti Kolonel Inf Daniel Ambat meminpin Upacara pemberangkatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya dalam rangka Hari Infanteri Ke-65 tahun 2010, Rabu (15/12). Upacara yang diselenggarakan di Tablanusu, Depapre, Sentani, Jayapura dihadiri Wadan Rindam Letkol Inf P. Herpomo. T, Para Kabalak Kodam XVII/Censerawasih, Kasintel Letkol Inf Lambok Sihotang Tokoh masyarakat setempat.

Dalam amanat Pangdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Efri Triassunu yang dibacakan oleh Danrem mengatakan bahwa tujuan gerak jalan Tonting ini adalah untuk memupuk jiwa korsa dan semangat juang serta menebalkan jiwa pengabdian satuan Infanteri,”Tujuan gerak jalan Tonting ini yaitu untuk memupuk jiwa korsa dan semangat juang serta menebalkan jiwa pengabdian satuan Infanteri terhadap nusa bangsa melalui penghayatan pasukan Infateri dan integrasi dengan rakyat,”Jelas Pangdam mengawali sambutannya.

Untuk itu kita dapat merasakan betapa besarnya arti kesatuan dan kesatuan khususnya kemanunggalan TNI-Rakyat yang dapat menjadi kekuatan dalam mengawal dan menjaga keutuhan NKRI, Selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan mobilitas pasukan berjalan kaki Kodam XVII/Cenderawasih yang tangguh. Tradisi ini harus dipelihara dan dilestarikan karena merupakan kepercayaan rakyat dan seluruh komponen bangsa kepada TNI dalam mengemban tugas mempertahankan kedaulatan NKRI.

Selanjutnya Pangdam mengingatkan kepada anggota agar tetap semangat dan menjaga kekompakan,”Perjalanan yang kalian tempuh cukup jauh mulai dari Tablanusu – Maribu – Kertosari – Kantor Bupati – SD. Nalokla – PLTD Waena – Kantor Walikota dan finish di Makodam XVII/Cenderawasih, untuk itu kalian harus tetap menjaga semangat dan mempersiapkan fisik dan mental, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan dari Tonting,”Tegas Pangdam.

Diingatkan pula kepada prajurit bahwa di beberapa Etape akan diadakan kegiatan tambahan berupa Karya Bhakti, Penghijauan, Pengobatan massal. Pemutaran film dan hiburan berupa Band sebagai bentuk kedekatan dengan rakyat, untuk itu diharapkan prajurit dapat berinteraksi dengan rakyat sehingga keberadaannya dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar dan Tanah Papua yang aman, damai berdasarkan kasih menjadi kenyataan.

Thema Tonting kali ini adalah “Dengan semangat Peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya kita tingkatkan keharmonisan TNI dengan rakyat guna mendukung tugas pokok TNI AD”.

Selesai Upacara, Pasukan Tonting dilepas oleh Danrem Kolonel Inf Daniel Ambat pada pukul 09.00 WIT dan menuju ke Etape II yang bertempat di Maribu. Dalam pelaksanaannya, untuk memberikan semangat dan motifasi serta kebersamaan, Danrem yang didampingi oleh Wadan Rindam, Kasioprem, Kapenrem dan Dantim intelrem ikut berjalan kaki bersama pasukan Tonting sehingga walaupun jalan yang dilalui cukup sulit dan menantang tetapi angggota dengan semangat tinggi dapat menyelesaikannya dengan baik.

Iklan
By korem172 Posted in Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s