KOREM 172/PRAJA WIRAYAKTI : SATGAS LINUD 330/TD GELAR PENGOBATAN MASSAL DI WEMBI KABUPATEN KEEROM

Sebagai wujud kepedulian dan perhatian terhadap warga masyarakat sekitar wilayah penugasan, Satgas Yonif Linud 330/TD-Kostrad kembali menggelar aksi kemanusiaan berupa kegiatan pengobatan massal dan gratis, jika sebelumnya kegiatan ini dilaksanakan di Kampung Ubiyau dan Kampung Sawanawa Distrik Arso Timur maka kegiatan yang sama kali ini kembali dilaksanakan di Kampung Wembi, sebuah kampung yang terletak di kaki Gunung Bogor, Distrik Arso Timur dengan penduduk berjumlah 302 jiwa (77 KK).

Kegiatan yang dipimpin Lettu Ckm Dr Asep Sulaeman, Dokter Satgas 330 mewakili Dansatgas Letkol Inf Novi Rubadi Sugito itu disambut antusias masyarakat setempat terlihat mereka berbondong-bondong ke lokasi pengobatan di Balai Kampung Wembi. Pengobatan gratis ini didukung satu tenaga dokter yaitu dokter Asep Sulaeman serta dibantu beberapa tenaga perawat dan analis kimia dari Satgas 330.

Menurut Dr Asep Sulaeman dari hasil pengobatan massal yang dilakukan tercatat 76 orang telah berobat terdiri dari 42 pasien anak dan 34 dewasa dengan prosentase keluhan 45 persen diantarannya menderita penyakit Ispa, sekitar 30%  menderita Malaria dan sisanya menderita penyakit lain seperti cacingan dan penyakit kulit. Penyakit-penyakit tersebut disebabkan karena perilaku warga yang kurang memperhatikan kondisi kebersihan.

“Jadi faktor kebersihan lingkungan sangat mempengaruhi munculnya penyakit tersebut, makanya disinilah pentingnya warga menjaga dan memperhatikan kebersihan,”ujar Dr Asep

Disela-sela acara pengobatan massal juga dilaksanakan pemberian bubur kacang hijau kepada pasien yang berobat dan murid-murid SD Wembi yang baru pulang dari sekolah. Dalam sambutannya dalam acara pengobatan massal Kapten Inf Esnan Hariyadi selaku Komandan Kompi D wilayah Wembi mengemukakan bahwa tugas TNI selain menjaga stabilitas bangsa juga membantu masyarakat dan cerminan kemanunggalan TNI-Rakyat yang kali ini diwujudkan dalam kegiatan pengobatan gratis. “Selain membantu masyarakat dalam hal kesehatan fisik, kami juga berupaya membantu dalam hal pencegahan terhadap datangnya penyakit dengan adanya program-program Satgas diantaranya kerja bhakti pembersihan lingkungan antara TNI dengan Masyarakat Kampung,”ujarnya.

Di tempat yang sama dari pihak masyarakat yang diwakili oleh Fransiscus Musui,Kepala Kampung Wembi menyambut positif kegiatan pengobatan gratis ini,”Kami sangat terbantu dengan adanya kepedulian dan perhatian dari bapak-bapak Satgas karena di Wembi tenaga dan sarana kesehatan sangat terbatas,”ujarnya. Sekedar diketahui bahwa di Kampung Wembi dan Pyawi hanya terdapat satu Puskesmas Pembantu (Pustu-red) dengan satu tenaga medis seorang bidan, tentunya dalam hal pelayanan kesehatan sangat tidak ideal bila dihadapkan dengan luas wilayah dan jumlah penduduk yang harus dilayani. Acara yang berakhir pada pukul 14.00 WIT ini dihadiri juga beberapa tokoh masyarakat seperti kepala Suku Manam, Titus Musui.

Iklan
By korem172 Posted in Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s