KOREM 172/PRAJA WIRAYAKTI TERIMA PENYULUHAN HUKUM DARI KUMDAM XVII/CENDERAWASIH

Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya tindak pelanggaran hukum baik di satuan pada saat melaksanakan dinas maupun dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, maka Kumdam XVII/Cenderawasih menyelenggarakan penyuluhan hukum terhadap anggota  Korem 172/Praja Wirayakti yang dilaksanakan di Aula Praja Wirayakti Makorem 172/Praja Wirayakti, senin (7/2).

Penyuluhan kali ini disampaikan langsung oleh Waka Kumdam Letkol Chk Adam Pontoh, SH dan didamping oleh Kapten Chk Sony Octavianus dengan materi terfokus pada 3 hal yaitu berkaitan dengan ketentuan tentang Hukum Disiplin Prajurit TNI, ketentuan tentang Hukum Pidana Militer dan ketentuan tentang Hukum Administrasi Prajurit TNI. Dijelaskan Waka Kumdam bahwa pelanggaran Disiplin Prajurit merupakan segala perbuatan dan atau tindakan yang dilakukan oleh prajurit TNI baik sengaja maupun tidak sengaja melanggar hukum dan atau peraturan Disiplin Prajurit TNI dan atau melakukan perbuatan yang bertentangan dengan sendi-sendi kehidupan prajurit yang berdasarkan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit atau melanggar aturan kedinasan, merugikan organisasi TNI dan kehormatan  Prajurit. Jenis Pelanggaran Disiplin ada 2 macam yaitu Pelanggaran Disiplin Murni dan Pelanggaran Disiplin Tidak Murni. Pelanggaran Disiplin murni adalah setiap perbuatan yang bukan tindak pidana, tetapi bertentangan dengan perintah kedinasan, peraturan kedinasan dan perbuatan yang tidak sesuai dengan tata kehidupan prajurit. Sedangkan pelanggaran Disiplin Tidak Murni adalah setiap perbuatan yang merupakan tindak pidana yang sedemikian ringan sifatnya sehingga dapat diselesaikan secara hukum disiplin prajurit, misalnya Penganiayaan ringan (Pasal 352 KUHP), Pencurian ringan (Pasal 364 KUHP),Penggelapan ringan (Pasal 373 KUHP), Penipuan ringan (Pasal 379 KUHP), Perusakan barang ringan (Pasal 407 KUHP), Pasal-pasal Pelanggaran dalam Buku III KUHP dan pelanggaran Lalulintas, Perkaranya sederhana dan mudah pembuktiannya, tidak akan mengakibatkan terganggunya kepentingan TNI dan atau kepentingan umum

Hukuman Disiplin merupakan hukuman yang dijatuhkan oleh Ankum terhadap Prajurit TNI yang atas dasar ketentuan perundang-undangan telah melakukan pelanggaran Hukum Disiplin Prajurit TNI, yang jenis hukumannya berupa teguran, penahanana ringan < 14 hari dan penahanan berat < 21 hari. Sedangkan Tindakan Disiplin adalah tindakan seketika yang dapat diambil setiap atasan terhadap bawahan yang melakukan pelanggaran Hukum Disiplin Prajurit TNI berupa tindakan fisik dan atau teguran lisan untuk menumbuhkan kesadaran serta cegah terulangnya Pelanggaran Disiplin, Tindakan Disiplin tidak dapat mencegah Hukuman Disiplin. Selanjutnya dijelaskan tentang proses penyelesaian perkara melalui hokum disiplin prajurit dan proses perkara dalam system peradilan militer.

Selesai memaparkan materi, dilanjutkan dengan season tanya jawab berkaitan dengan pelaksanaan hukuman disiplin yang dirasakan atau dialami oleh prajurit selama ini sehingga prajurit mengetahui dan paham tentang proses penanganan suatu perkara atau kasus dan akibat yang yang harus diterima oleh prajurit yang bersangkutan baik secara administrasi maupun hukuman. Pada season tanya jawab ini prajurit terlihat sangat antusias, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan maupun saran yang disampaikan kepada Tim luhkum. Dengan adanya pertanyaan tersebut Waka Kumdam dan Kapten Sony menjawab satu-persatu secara jelas dan gamblang yang pada intinya bahwa sekecil bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh anggota/prajurit pasti akan membawa konsekuensi berupa hukuman, untuk itu beliau meminta agar seluruh prajurit dalam bersikap dan bertindak harus dipikirkan masak-masak dan hindari bentuk pelanggaran, pegang Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Protap Satuan yang telah ditentukan.

Iklan
By korem172 Posted in Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s