KOREM 172/PRAJA WIRA YAKTI : DANSATGAS YONIF LINUD 330/TD IKUT PATROLI PATOK BATAS (MERIDIAN MONUMENT) RI-PNG

Komandan Satuan Tugas Yonif Linud 330/TD, Letkol Inf Novi Rubadi Sugito beserta Perwira Stafnya beberapa waktu yang lalu melaksanakan pengecekan sekaligus patroli  patok batas (MM) wilayah RI-PNG dijajaran Pos Kompi Bonang yang berada di sekitar wilayah Yetti, Distrik Arso Timur, Keerom, Papua.

Dalam kesempatan tersebut, Letkol Inf Novi Rubadi mengatakan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mengecek secara langsung kondisi anggota dan patok batas kedua Negara,”Kegiatan ini memang sudah merupakan tugas saya selaku Danyon untuk melihat secara langsung situasi dan kondisi prajurit yang berada jauh dari jangkauan (Pos udara). Selain itu saya juga mau mendengar secara langsung tentang kesulitan atau kendala yang dihadapi oleh prajurit dalam melaksanakan tugasnya sehingga dapat dicarikan solusi yang tepat, dan yang lebih penting lagi bahwa kegiatan ini akan saya manfaatkan untuk memberikan informasi yang berkembang seputar penugasan, mengevaluasi serta memberika petunjuk dan arahan sehingga prajurit dapat melaksanakan tugas pokoknya dengan baik,”jelasnya.

Dengan menumpang Helikopter Puma milik TNI AU, pos pertama yang dikunjungi Dansatgas adalah Pos Bewan, setelah mengecek keadaan pos dan memberikan arahan kepada anggota pos, Dansatgas bersama anggota pos Bewan melaksanakan patroli patok batas Meridian Monument (MM) 3. Setiba di lokasi MM 3, Dansatgas mengecek keberadaan dan kondisi patok, dan malamnya menginap di pos yang berada di pinggir Sungai Bewan ini.

Paginya, Dansatgas beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Pos Kriko dengan berjalan kaki menyusuri Sungai Bewan (antara Kriko dan Bewan belum ada jalan darat). Di pos Kriko, Dansatgas melaksanakan pengecekan pos dan kondisi anggota selanjutnya bermalamn di pos Kriko. Keesok harinya, Dansatgas beserta rombongan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menembus lebatnya hutan Kriko menuju Pos Scopro. Di Scopro, Dansatgas mengecek patok batas MM 2.3. Patok batas yang menjadi tanggung jawab pemeliharaan Pos Scopro adalah patok batas MM 2.2 dan MM 2.3. Pagi harinya, Dansatgas melanjutkan perjalanan ke Pos Kaliasin, dan pos terakhir yang dicek adalah Pos Yetti dan Pos Ujung Karang.

Sekedar diketahui, bahwa patok batas wilayah Negara RI-PNG yang menjadi tanggung jawab Satgas Yonif Linud 330/TD antara lain terdiri dari : MM 2 pada Co. 9992 0257, MM 2.1 pada Co.0032 9309, MM 2.2 pada Co.0030 7994, MM 2.3 pada Co.0028 7363 dan MM 3 pada Co.0027 6629. Letak patok-patok tersebut ada yang di dekat dengan pos, namun beberapa patok batas (MM) berada cukup jauh sehingga perlu waktu 2-3 hari dengan berjalan kaki menembus hutan untuk mengeceknya (patroli), sejauh ini kondisi semua patok batas (MM) dalam keadaan baik dan terawat.

Iklan
By korem172 Posted in Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s