DANREM 172/PRAJA WIRA YAKTHI : KUNCINYA DISIPLIN

Demikian salah satu point yang disampaikan oleh Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi Kolonel Inf Daniel Ambat dalam Jam Komandan yang dilaksanakan selesai Upacara Bendera 17-an di gedung Praja Wira Yakthi, Jayapura Papua Senin (18/4).

“Saya sampaikan kepada kalian bahwa semua kejadian atau peristiwa yang merugikan kita baik materiil maupun personel bersumber pada diri kita sendiri, apakah kita sudah disiplin ? apakah di dalam pelaksanaan kegiatan atau melakukan sesuatu kita sudah fokus ?,”Kata Danrem memulai arahannya.

Disiplin merupakan ketaatan dan kepatuhan yang sungguh-sungguh terhadap semua peraturan baik tertulis maupun tidak tertulis. Dalam kehidupan militer disiplin merupakan harga mati yang tidak dapat ditawar-tawar, diisiplin militer merupakan syarat mutlak untuk menepati semua peraturan militer dan semua perintah kedinasan dari tiap-tiap atasan, dan disiplin juga merupakan rohnya militer. Jadi semua peristiwa yang merugikan kita baik personel maupun materiil kuncinya adalah “disiplin”.

Hal ini disampaikan oleh Danrem karena beberapa waktu ini sering terjadi kecelakaan berlalulintas yang mengakibatkan jatuhnya korban, untuk itu Danrem mengharapkan agar dalam setiap melaksanakan kegiatan harus fokus dan lebih waspada. Penyebah dari kecelakan bukan hanya dari kecerobohan atau kekurang hati-hatian kita, tetapi banyak faktor, misalnya faktor alam (hujan, jalan licin) dan keteledoran pengguna jalan lainnya.

Berkaitan dengan kehidupan di satuan, Danrem mengharapkan agar kita lebih solid dan memiliki soliditas, artinya bahwa kita bisa lebih menyatu dan kompak, memiliki tenggang rasa atau toleransi terhadap sesama anggota. Setiap ada permasalahan atau kendala yang terjadi di satuan atau satuan kerja hendaknya diselesaikan dengan baik sesuai dengan jalur komando yang ada, karena semua persoalan dan permasalahan yang ada pasti dapat diselesaikan dengan baik.

Lebih lanjut disampaikan oleh Danrem tentang perang Korem 172 selaku Kolakops maupun satuan kewilayahan. Diingatkan kembali oleh Danrem bahwa wilayah kita (jayapura) merupakan tolok ukur atau barometer situasi dan keamanan provinsi Papua, “Disini segala aktivitas kegiatan baik politik, ekonomi, sosial maupun budaya ada disini, kita tidak boleh terlibat politik praktis, kita hanya memonitor terhadap aktivitas yang berkembang dan mengantisipasi terhadap dampak yang ditimbulkan. Pasang mata dan telinga kalian, laporkan setiap perkembangan situasi yang ada, dan jangan terprovokasi terhadap aksi maupun isu-isu yang sengaja dilontarkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab dan sengaja membuat keruh situasi yang sudah terbangun kondusif ini,”Jelasnya.

Diakhir arahannya, Danrem mengharapkan untuk menjaga kebersihan dan keamanan pangkalan maupun asrama,”Keamanan dan kebersihan lingkungan baik pangkalan maupun asrama merupakan tugas dan tanggung jawab bersama, untuk itu saya mengharapkan agar seluruh anggota mempunyai kepedulian dan tidak bersikap apatis terhadap situasi yang terjadi dilingkungan kita. Utamanya berkaitan dengan instalasi listrik, saya perintahkan masing-masing anggota untuk mengecek kembali kondisi kabel yang ada, jangan sampai terjadi konsleting yang dapat mengakibatkan kebakaran,”Tegas Danrem mengakiri arahannya.

Iklan
By korem172 Posted in Berita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s