Upaya Publikasi Kegiatan Satgas Pamtas Yonif Linud 330/TD di Daerah Perbatasan RI-PNG

Keerom– “Kegiatan Tanpa Adanya Dokumentasi dan Publikasi maka Berarti Nihil” Demikian ungkapan yang sering kita dengar guna menggambarkan pentingnya pengdokumentasian dan publikasi kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan Satuan, hal ini berlaku pula untuk meningkatkan citra positif TNI di masyarakat.

Demikian juga halnya Satgas Yonif Linud 330/TD yang tengah  melaksanakan tugas  pengamanan  perbatasan RI-PNG, juga  gencar  untuk  mempublikasikan kegiatan-kegiatannya, terutama kegiatan kepedulian satgas di dalam membantu masyarakat yang ada di sekitar wilayahnya. Salah satunya adalah dengan adanya syuting dari  beberapa stasiun televisi, yaitu  diantaranya  TVRI dan TV ONE. Kegiatan  peliputan yang dilakukan TVRI sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu dan sudah disiarkan melalui program acara “ Cintaku Negeriku “. Sedangkan untuk peliputan dari TV ONE baru dilakukan Jum’at kemarin (08/07/2011)  hingga hari Senin  (11/07/2011). Tim dari TV ONE yang  terlibat   terdiri  dari  2 personel  atas  nama Siska (reporter)  dan  Yunius   ( kameraman),sedangkan untuk organik militer dari Kodam XVII/Cen yang mendampingi kegiatan Syuting adalah Mayor Inf Rahman Yadi dari Staf Operasi Kodam XVII/Cen dan Mayor Kav Antonius Totok dari Pendam XVII/Cen. Untuk Pos-pos Satgas 330 yang diliput adalah Pos Scopro dan Pos Skouw.

Kegiatan yang diliput adalah kegiatan yang rutin dilakukan oleh Pos-pos Satgas 330 terutama pos Satgas yang terdapat masyarakat di sekitar posnya. Kegiatan yang diliput di Pos Scopro antara lain kehidupan sehari-hari prajurit ketika di pos dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi,peliputan kegiatan patroli dan perawatan patok batas M.M 2.3, kemudian kegiatan sosial di masyarakat seperti peliputan mengajar di SDN Scopro, peliputan masyarakat Kampung Scopro yang sedang sakit dan berobat ke Pos, peliputan kegiatan anjangsana anggota pos bersama warga Kampung Scopro, peliputan kegiatan karya bhakti di salah satu rumah warga yang sedang diperbaiki dan kegiatan olahraga bersama bola voli dan takraw antara anggota Pos Scopro dan warga Kampung Scopro di lapangan depan pos. Di hari terakhir peliputan Senin (11/07) adalah kegiatan di Pos Satgas 330 yang terdapat  pintu gerbang pelintasan perbatasan RI-PNG yaitu Pos Skouw, disini yang diliput adalah mengenai kegiatan yang dilaksanakan Pos Satgas Skouw dalam membantu Imigrasi dan Polisi mengawasi dan memeriksa arus lalu lintas para pelintas batas baik yang masuk dari PNG ke wilayah RI maupun keluar wilayah RI menuju PNG, serta peliputan kegiatan anggota Satgas 330 yang sedang beranjangsana dan karya bhakti di Pasar Tradisional Loncin di Skouw.

Usai kegiatan Syuting, rombongan Tim TV ONE dan Kodam XVII/Cen kembali ke Jayapura guna bertolak kembali ke Jakarta. Sedianya hasil dari peliputan ini akan ditayangkan dalam program acara “ Ujung Negeri “ di TV ONE, setelah melalui proses editing dari TV ONE Pusat. Diharapkan dengan adanya publikasi seperti ini maka kegiatan-kegiatan positif dari Satgas 330 khususnya dan TNI umumnya dapat diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat, sehingga slogan “TNI adalah merupakan bagian dari Rakyat “ benar-benar akan nampak, sebab memang prajurit TNI lah yang benar-benar peduli dan dapat diandalkan bangsa Indonesia untuk membantu rakyatnya dalam segala situasi dan kondisi, tanpa mengenal lelah dan putus asa. ( Satgas 330/TD – Penrem 172 )

By korem172 Posted in 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s