KOLAKOPS KOREM 172 / PWY TERIMA SATGAS PAMTAS YONIF 122 / TS DAN YONIF 431 / SSP

Gambar

Abepura……..Satgas Pamras Yonif 122/TS dan Yonif 431/SSP resmi bertugas di perbatasan RI-PNG mulai tanggal 26 Desember 2011 setelah diterima Pangdam XVII / Cenderawasih , Mayjend TNI Erfi Triassunu di Bumi Perkemahan Waena.

Pangdam XVII / Cenderawasih mengharapkan kepada satgas pengamanan perbatasan (pamtas) yang akan bertugas di wilayah Papua untuk segera menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan adat istiadat dan budaya orang Papua. Sebab kunci utama keberhasilan tugas di Papua dan mudah diterima oleh masyarakat Papua adalah mampu menempatkan diri sebagai orang Papua dalam setiap aktivitas dan kehidupan sehari – harinya.

Pangdam XVII / Cenderawasih berharap setelah berada di tempat penugasan, prajurit harus selalu baik-baik dengan masyarakat dan berusaha membantu apa yang menjadi kesulitan masyarakat. Jadikan warga masyarakat menjadi mitra / teman dalam melaksanakan tugasnya, khususnya dibidang pembinaan teritorial. Pangdam juga mengatakan kepada seluruh prajurit yang akan bertugas di perbatasan untuk selalu waspada. Sebab , wilayah perbatasan menurut Pangdam, masih memiliki tingkat kerawanan yang tinggi. Karena sering dijadikan base camp gerombolan pengacau keamanan untuk melakukan penyerangan terhadap pos-pos TNI dan POLRI. Disamping itu, daerah perbatasan juga rawan terhadap terjadinya tindak kriminal, penyelundupan , jual beli senjata maupun amunisi serta kegiatan infiltrasi intelejen asing kewilayah Papua.

Pangdam berpesan kepada seluruh prajurit untuk menghindari kesalah pahaman dan jangan mudah terprovokasi oleh pihak-pihak lain serta tidak melakukan tindakan diluar prosedur. Setiap menghadapi persoalan hendaknya dilaporkan kepimpinan supaya bisa segera diambil tindakan cepat dan tepat.

Kedua Batalyon Satgas Pamtas RI-PNG ini setelah diterima Pangdam XVII / Cenderawasih selanjutnya masuk kedalam struktur tugas Pamtas dibawah Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) Korem 172 / PWY yang akan menjaga perbatasan RI-PNG .

Satgas Pamtas Yonif 122 / TS dan Yonif 431 / SSP akan bertugas menjaga perbatasan RI-PNG menggantikan satgas Pamtas Yonif 141 / AYJP dan Yonif 330 / TD yang sudah bertugas setahun menjaga perbatasan RI-PNG. Untuk selanjutnya satgas Pamtas Yonif 141 / AYJP dan Yonif 330 akan kembali ke home basenya masing-masing. Yonif 141 / AYJP kembali ke Kodam II / Sriwijaya dan Yonif 330 kembali ke DW I / Kostrad.(Penrem 172/PWY)

By korem172 Posted in 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s